Video Game Pertama Yang Pernah Dibuat, Spacewar! Kini Tersedia di Analogue Pocket

Spacewar!, video game digital pertama yang pernah dibuat, saat ini telah tersedia di Analogue Pocket berkat PDP-1 Core yang dikembangkan dengan openFPGA.

FPGA, atau field-programmable gate array, merupakan sebuah tipe dari sirkuit integrasi yang dapat diatur ulang setelah dibuat. Sedangkan openFPGA sendiri merupakan sebuah FPGA dengan hardware dan ekosistem yang di desain untuk pengembangan dan ekosistem untuk pengembangan video game pihak ketiga. Selain itu perangkat ini juga dibuat secara khusus untuk melestarikan sejarah video game.

Spacewar! sendiri tentunya memiliki andil besar dalam sejarah video game, dan sebuah developer pihak ketiga telah bersusah payah untuk membuat kembali game yang dirilis pada PDP-1 di tahun 1962 oleh developer di MIT dengan menggunakan public domain open source code untuk openFPGA.

Spacewar! sendiri merupakan sebuah game yang terinspirasi oleh buku-buku sains fiksi yang ditulis oleh E.E. Doc Smith dan dikembangkan oleh sebuah grup dari siswa MIT yang menginginkan untuk membuat sebuah video game simulasi luar angkasa. Game ini merupakan game space shooter, dengan style versus 2-player. Game ini dikembangkan untuk dimainkan dengan sebuah “control box” kustom yang dapat disebut juga sebagai sebuah kontroler pertama video game.

Nolan Bushnell, pendiri Atari, sempat memainkan Spacewar!, dan terinspirasi sehingga ia membuat Computer Space, video game komersil pertama dan game arcade.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More