Apple Patenkan Cloud Gaming via 5G

Sebuah paten Apple bernama “Enabling Interactive Service for Cloud Rendering Gaming in 5G Systems” belum lama ini telah dirilis di Eropa, sebelumnya paten ini awalnya telah diajukan ke World Intellectual Property Organization pada bulan Februari tahun ini. Apple baru-baru ini juga telah mengkonfirmasi bahwa layanan Cloud Gaming seperti Google Stadia, dan Xbox xCloud telah di blokir dari App Store karena telah melanggar peraturan yang ditetapkan.

Tidak ada yang spesial dari yang diungkapkan mengenai paten milik Apple ini, selain berfokus pada jaringan 5G. Tanpa itu, paten ini sama dengan layanan sistem cloud gaming yang telah di tawarkan oleh para kompetitornya. Dalam paten tersebut menjelaskan detail seperti cara melakukan langganan untuk layanan tersebut.

Perlu diketahui bahwa Apple saat ini tidak memiliki layanan cloud gaming, dan juga tidak pernah mengumumkan layanan tersebut satupun. Dengan terdaftarnya sebuah paten untuk layanan cloud gaming menggunakan jaringan 5G ini, tidak semerta merta bahwa Apple sedang mengembangkan layanan tersebut, namun, jika ia ingin, Apple bisa melakukannya. Namun, tentunya, kebanyakan gamer mungkin akan lebih kaget jika Apple tidak melakukan hal tersebut.

Sebelumnya, terdapat kontroversi dimana Apple melarang layanan Google Stadia, dan xCloud untuk masuk ke dalam App Store, kemudian baru-baru ini, Epic Games menuduh Apple terkait praktik monopoli yang berawal dari Epic Games sendiri memasukan sebuah sistem pembayaran baru dalam game Fortnite mereka yang menyebabkan game tersebut ditendang dari App Store, karena telah melanggar peraturan yang telah ditetapkan.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More