Fortnite Ditendang Dari App Store

Apple telah menghapus game battle royale milik Epic Games, Fortnite dari App store mereka, setelah sang developer kemarin mengimplementasikan sistem in-app payment mereka sendiri, yang mem-bypass biaya 30% yang ditetapkan oleh Apple.

Keputusan tersebut, meningkatkan perselisihan secara signifikan antara Epic dengan salah satu mobile software marketplace paling dominan di dunia. Setelah penghapusan tersebut, Epic mengungkapkan serangkain tanggapan yang telah mereka rencanakan, termasuk gugatan mengenai App Store milik Apple sebagai sebuah monopoli, dan sebuah video protes yang tayang di Youtube dan di dalam game Fortnite sendiri yang mengejek iklan iPhone yang ikonik “1984”, dan menyerukan #FreeFortnite serta meminta para fans game tersebut untuk mendukung perjuangannya melawan Apple.

Apple sendiri sudah memberikan pernyataan kepada The Verge, bahwa mereka ingin membuat sebuah perencanaan dengan Epic untuk menyelesaikan permasalahan ini, namun tidak berniat untuk membuat peraturan khusus untuk perusahaan tersebut. Pada pernyataan tersebut Apple menjelaskan bahwa Epic Games telah salah mengambil langkah, dengan melanggar peraturan yang ada telah ditetapkan oleh App Store yang juga diterapkan pada setiap developer. Peraturan atau guideline tersebut ditetapkan untuk menjaga keamanan App Store bagi para penggunanya. Namun karena Epic Games telah melanggar maka Aplikasi Fortnite telah dihapus dari App Store. Pelanggaran tersebut adalah, dimana Epic menghadirkan sebuah fitur di dalam aplikasinya yang belum ditinjau atau di setujui oleh Apple.

Pendekatan yang dilakukan oleh Epic sepertinya telah memprovokasi Apple untuk meresepon, dimana Fortnite studio sendiri secara terbuka memberitahu dalam update game terbaru untuk iOS bagaimana cara menggunakan sistem in-app payment milik Epic, yang akan menghasilkan harga yang lebih murah. Misalnya, 1.000 V-bucks, yang kira-kira setara dengan 10 USD dalam mata uang Fortnite, jika kalian menggunakan pembayaran langsung Epic maka kalian cukup membayar 7.99 USD saja.

SUmber: The Verge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More