Fortnite Juga Ditendang Dari Play Store

Belum lama setelah Apple memutuskan untuk menendang Fortnite dari App Store mereka, kali ini giliran Google yang menendang Fortnite keluar dari Play Store untuk Android. Pada awal pagi ini, Epic Games telah menyusupkan sebuah update untuk game mereka pada iPhone dan Android, dimana update tersebut menghadirkan sebuah fitur yang mengizinkan para pemain untuk membayar langsung ke Epic tanpa melewati sistem yang sudah disepakati pada kedua platform. Selanjutnya, Apple menendang Fortnite dari App Store mereka kemudian Epic menuntut Apple, dan kemudian memparodikan sebuah komersial 1984 milik Apple, yang memposisikan Apple sebagai monopoli.

Sama seperti Apple, Google membutuhkan game-game yang hadir di Play Store untuk enggunakan sistem pembayaran in-app purchases milik Google Play. Walau peraturan yang dimiliki Play Store lebih longgar ketimbang peraturan milik Apple. Namun peraturan yang diberikan cukup jelas, dimana para developer yang menawarkan produk-produk mereka di dalam game yang di download menggunakan Google Play atau menyediakan akses ke dalam konten game harus menggunakan Google Play In-app Billing sebagai metode pembayaran. Dimana Google juga mengambil potongan 30 persen sama dengan yang dilakukan oleh Apple.

Update yang dilakukan oleh Epic pada pagi hari ini melanggar peraturan yang ada di kedua platform tersebut, sementara Google membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding Apple dalam memutuskan pelarangan Fortnite, kedua perusahaan tersebut memiliki kesimpulan yang sama.

Google mengatakan bahwa ekosistem terbuka Android mengizinkan para pengembang untuk mendistribusikan aplikasi mereka melalui berbagai app store. Untuk para developer game yang memilih untuk menggunakan Play Store, Google memiliki kebijakan yang adil untuk para developer, dan menjaga store tetap aman untuk para pengguna. Walau Fortnite masih tersedia di Android, Google mengatakan bahwa mereka tidak bisa lagi membuat game tersebut tersedia di Play Store karena Fortnite telah melanggar peraturan mereka. Namun, Google membuka kesempatan untuk berdiskusi dengan pihak Epic dan membawa kembali Fortnite ke Google Play.

Sumber: The Verge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More