Komputer Apple 1 Yang Dibuat Steve Jobs dan Steve Wozniak, Dilelang Sebesar 21 Miliar Rupiah

Sebuah komputer Apple-1 dari tahun 1976 yang teramat langkah, yang di desain oleh insinyur terkenal, Steve Wozniak , telah dilelang di eBay dengan harga awal 1,5 juta USD atau sekitar 21 miliar Rupiah.

Apple-1 adalah produk pertama Apple yang dijual ke konsumen, hasil Wozniak menjual kalkulator $ 500 dan mendiang Steve Jobs menjual VW Microbus-nya untuk mendanai pengembangannya. Apple-1 dihentikan hanya setahun kemudian pada tahun 1977 ketika Apple-II dirilis. Menurut Apple-1 Registry, hanya 200 unit Apple-1 (ditambah beberapa dalam pra-produksi) yang pernah dibuat.

Berdasarkan listing di eBay dan halaman Apple-1 Registry , komputer Apple-1 ini adalah satu dari enam yang memiliki kotak kayu asli Byte Shop KOA. Komputer juga dalam kondisi siap pakai lengkap dengan motherboard NTI yang tidak dimodifikasi. Penjual juga menyertakan monitor Sony TV-115 asli dengan modulator video.

Menurut laman unit Apple-1 Registry, satu-satunya bagian yang telah diganti pada unit ini adalah konektor video dan keyboardnya. Dengan motherboard yang disolder dengan tangan dan sedikit perbedaan pada pin konektor, pemilik saat ini Krishna B. Blake menduga bahwa komputer tersebut kemungkinan awalnya dirancang untuk keperluan militer.

Menurut CNBC, komputer Apple-1 sebelumnya telah terjual sebanyak 905.000 USD (sekitar 12,5 miliar Rupiah) pada tahun 2014. Pemegang rekor saat ini diyakini sebagai salah satu batch pertama dari 50 unit yang dibuat Wozniak sendiri. Sebagian ahli percaya bahwa unit Apple-1 lainnya dapat dijual dengan harga mulai dari 175 ribu USD hingga 475 ribu USD.

Menurut penjualnya, unit Apple-1 ini awalnya dibeli secara bekas di toko komputer Kanada pada tahun 1978 seharga “beberapa ratus” dolar, Blake merasa perangkat keras tersebut akan memiliki tempat dalam sejarah.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More