Samsung Tengah Kembangkan Platform Cloud Gaming Baru

Samsung belum lama ini telah mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah platform cloud gaming baru untuk Smart TV mereka.

Diungkapkan sebagai bagian dari presentasi keynote SDC21 Samsung, platform tersebut akan berjalan di Samsung Smart TV yang ditenagai oleh Tizen, sebuah sistem operasi yang di dasarkan pada Linux, yang saat ini mendukung lebih dari 200 juta perangkat Samsung.

Platform baru ini hanya diungkapkan sekilas pada presentasi tersebut, sehingga sangat sedikit hal yang diketahui. “Untuk melakukan diversifikasi pilihan game kalian di Samasung Smart TV, kami tengah mengembangkan sebuah Cloud Game Platform baru,” ujar Yongjae Kim, yang merupakan seorang Senior President of Visual Display Software R&D Samsung. “Hal ini berarti, bahwa kalian akan segera dapat menikmati berbagai game tanpa perlu membeli hardware high-end, dan para developer bisa dengan mudah menerapkan pengalaman imersif dan mulus milik Samsung Smart TV ke game baru.”

Sejauh ini tidak ada contoh dari developer game yang diberikan, namun disebutkan bahwa platform ini akan menjadi sebuah alternatif dari “hardware high-end” telah mengindikasikan bahwa platform ini berada di tempat yang sama dengan yang ditawarkan oleh Stadia dibandingkan port game Android.

Hal ini bukanlah pertama kalinya Samsung berusaha untuk memasuki cloud gaming. Pada tahun 2012 yang lalu, mereka telah bekerja dengan Gaikai untuk membuat Samsung Cloud Gaming untuk generasi awal Smart TV mereka, dengan iklannya menampilkan Darksiders 2. Untuk referensi, Gaikai sendiri merupakan layanan yang mentenagai PlayStation Now, yang kini telah dimiliki oleh Sony.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More