Tencent Akan Membeli Developer Sackboy, Sumo

Perusahaan raksasa gaming asal China, Tencent dikabarkan telah mengumumkan keinginan mereka untuk sepenuhnya mendapatkan studio asal Inggris, Sumo, dengan kesepakatan sebesar 1.27 miliar USD atau sekitar 18,5 triliun Rupiah.

Tencent sendiri sudah memiliki 8.75% dan merupakan pemegang saham terbesar kedua di Sumo, dimana memiliki 14 studio yang tersebar di lima negara dan dikenal dengan game seperti Sackboy: A Big Adventure, Crackdown 3, dan Sonic & All-Stars Racing Transformed.

Jika kesepakatan tersebut selesai, Sumo akan terus mengerjakan proyek yang sudah ada, termasuk berbagai game dari berbagai klien lainnya.

“Para petinggi Sumo sangat yakin bahwa bisnis ini akan mendapat manfaat dari ekosistem videogaming Tencent yang luas, keahlian industri yang sudah terbuki, dan sumber daya strategisnya,” kata ketua non-eksekutif Ian Livingstone dalam sebuah pernyataan.

Tencent, yang telah berinvestasi di lebih dari 800 perusahaan, adalah satu perusahaan terbesar di dunia berdasarkan valuasi pasar (680 miliar USD atau sekitar 9,9 ribu triliun Rupiah.)

Dan juga memiliki pembuat League of Legends, Riot Games, dan memiliki kepemilikan sebesar 40% di Epic Games, dan juga memiliki saham di Activision Blizzard, Ubisoft, perusahaan induk PUBG Corporation Bluhole, PlatinumGames, dan Marvelous Inc.

Daniel Ahmad, analis senior di Niko Partners, mengatakan bahwa Tencent kemungkinan akan terus melanjutkan pendekatan ‘lepas tangan’ dalam hal manajemen Sumo, jika kesepakatan tersebut terjadi.

“Tencent mengakuisis Sumo Digital karena pengalamannya yang luas dalam mengembangkan dan mengoperasikan game AAA dan game live service, yang sebagian besar dikembangkan untuk klien seperti Sony, Microsoft, Sega dan yang laainnya,” ujarnya.

“Kesepakatan ini juga akan membantu Sumo menggunakan keahlian Tencent dalam hal pengembangan dan penerbitan game di China.”

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: